Cara Daftar UMKM

Cara Daftar UMKM – Di masa pandemi saat ini perkembangan ekonomi menurun sangat drastis, sehingga pemerintah membagikan bantuan sosial atau yang lebih dikenal dengan bansos.

Salah satunya bantuan sosial yang diberikan untuk UMKM dengan jumlah tertentu, oleh karena itu kalian mesti mengerti cara mendaftar UMKM tersebut.

Bantuan ini bisa juga di daftar dengan online, jadi kalian tak perlu mengantri panjang di bank. Jumlah bantuan UMKM di tahun 2020 ini berjumlah 1,2 juta rupiah.

Pemerintah sudah mengalokasikan dana tersebut sebanyak 3,6 triliun rupiah. Pencairannya dimulai dari bulan Juli 2021 hingga bulan Desember 2021 akhir.

Bantuan UMKM ini hanya untuk beberapa kalangan yang memiliki usaha kecil dan menengah yang kesulitan modal di masa pandemi saat ini.

Mungkin hanya sebagian para pelaku usaha saja yang mengetahui tentang bantuan UMKM ini, apalagi tentang syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi ketika ingin mendaftar.

Di era digital saat ini semua serba teknologi sampai-sampai mendaftar pun bisa melalui handphone saja secara online, khususnya daftar bantuan UMKM ini.

Sehingga banyak para pelaku usaha yang kesulitan mendapatkan modal untuk menjalankan usaha terkait dikarenakan butanya wawasan teknologi.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai bantuan UMKM, bisa kalian simak ulasan yang telah kami rangkai dibawah ini.

Apa Itu Bantuan UMKM?

Bantuan UMKM Tahun 2021

BLT UMKM merupakan program yang dilakukan pemerintah untuk memberikan bantuan kepada para pelaku usaha mikro, menengah, dan kecil di seluruh Indonesia.

Bantuan UMKM ini sudah pernah dibagikan pada tahun 2020 dan pada tahun ini pemerintah akan kembali membagikan bantuan UMKM tersebut.

Bagi kalian yang belum mendapatkan bantuan pada tahun sebelumnya, kalian bisa mencoba daftar agar mendapatkan bantuan UMKM pada tahun 2021 ini.

Bantuan yang akan dibagikan berupa uang sebanyak 1,2 juta rupiah kepada para pelaku usaha yang berjumlah sekitar 12,8 juta jiwa.

Banyak pelaku usaha yang berharap dengan bantuan ini agar usaha yang tengah dijalankan berjalan dengan lancar.

Apalagi di masa pandemi saat ini, banyak pelaku usaha yang kesulitan mendapatkan modal untuk melanjutkan usaha terkait.

Syarat dan Ketentuan Penerima Bantuan UMKM

Syarat dan Ketentuan Penerima Bantuan UMKM

Pendaftaran bantuan UMKM masih terbuka lebar di sebagian wilayah di Indonesia, jadi kalian bisa mendaftar tahun ini yang tak sempat mendaftar di tahun sebelumnya.

Pendaftaran nya juga sekarang sudah online dengan website yang dibagikan sesuai wilayah daerahnya masing-masing.

Kalian juga masih bisa mendaftar dengan datang ke dinas yang bergerak dibidang koperasi serta UKM yang ada di daerah sekitar.

Sebelum mendaftar UMKM, diharuskan kalian memenuhi syarat dan ketentuan yang telah dihimbau oleh pemerintah.

Jika kalian tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang telah berlaku, maka kalian belum bisa mendaftar bantuan UMKM. Adapun syarat dan ketentuan yang bisa kalian penuhi dibawah ini.

  • Pelaku usaha mikro atau pemilik UMKM adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Pelaku usaha harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan memiliki usaha mikro, menengah, dan kecil.
  • Bukan bagian dari anggota TNI, anggota Polri, ASN (Aparatur Sipil Negara), karyawan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan BUMD.
  • Selama usaha terkait masih berjalan tidak mendapatkan bantuan dana dari Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  • Jika domisili yang dimiliki oleh pelaku usaha tidak sama dengan domisili usaha yang sedang dijalankan, mesti memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU) yang telah ditetapkan oleh pihak terkait.

Itulah syarat mendaftar UMKM, tak hanya syarat saja namun kalian juga harus menyiapkan berkas atau dokumen untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima BLT UMKM. Berikut dibawah ini berkas dan dokumennya.

  • NIK (Nomor Induk Kependudukan).
  • Bidang usaha yang ingin kalian usulkan untuk mendapatkan bantuan.
  • Alamat domisili kalian.
  • Nomor telepon yang aktif.
  • Kalian membutuhkan Surat Keterangan Usaha (SKU) jika usaha yang dimiliki beralamat lain.

Itulah syarat dan ketentuan yang harus kalian penuhi jika ingin mendaftarkan diri sebagai penerima BLT UMKM.

Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online

Cara Daftar Bantuan UMKM Secara Online

Setelah semua syarat dan ketentuan sudah terpenuhi dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mulai mendaftarkan bantuan UMKM.

Bagi kalian yang masih bingung dengan mendaftar UMKM secara online, bisa kalian simak langkah-langkah berikut dibawah ini.

  • Awal mula kalian kunjungi laman oss.go.id menggunakan handphone.
  • Kemudian masukke dalam akun kalian, kalian bisa membuat akun pada website tersebut jika kalian belum memiliki akun.
  • Lalu bisa kalian klik menu Perizinan Berusaha.
  • PilihPerorangan. Lalu kalian bisa mendaftarkan NIB yang sesuai dengan usaha yang kalian jalankan.
  • Nanti kalian akan diminta untuk mengisi formulir, isilah formulir dengan benar.
  • Setelah selesai klik tombol Simpan dan Lanjutkan.
  • Selanjutnya klikTambah Usaha dan kalian bisa isi kembali data-data yang diminta dengan benar dan lengkap.
  • Klik kembali tombolSimpan dan Lanjutkan.
  • Jika usaha yang dimiliki termasuk ke dalam usaha kecil, kalian bisa mengajukan izin lokasi di komitmen formulir prasarana.
  • Lanjut dengan klik Selanjutnya.
  • Perhatikan data yang telah kalian isi yang terdapat di rangkuman data.
  • Kemudian, ceklis kolom “disclaimer”.
  • Langkah terakhir, kalian klik Proses Pembuatan NIB.

Itulah langkah-langkah yang bisa kalian ikuti untuk mendaftar UMKM secara online, jika kalian sudah tercatat sebagai penerima bantuan UMKM tersebut maka kalian akan mendapatkan uang sebanyak 1,2 juta rupiah.

Akhir Kata

Banyak yang berharap lebih dengan bantuan UMKM ini, khususnya para pelaku usaha yang tengah kesulitan mendapatkan modal usaha untuk melanjutkan usaha yang sedang dijalankan.

Mungkin cukup sampai sini saja ulasan kami mengenai cara daftar UMKM, kalian bisa mendaftar secara online dengan cara yang tertera diatas.

Sekian pembahasan kami kali ini, semoga dengan adanya artikel ini membuat para pelaku usaha bisa dengan mudah mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah. Sampai jumpa di pembahasan kami selanjutnya, Terima kasih.

Simak Juga : Cara Cek Bantuan UMKM

X