Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat Online

Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat Online – Semenjak virus covid-19 menyerang, banyak masyarakat yang mendapat dampak buruk dari menyebarnya virus ini.

Berbagai dampak negatif yang didapatkan dari virus ini, dari mulai pemberhentian kerja hingga pengobatan yang mulai sulit.

Terutama yang tengah sakit akibat terkena virus covid-19 ini, akan sulit untuk berobat karena fasilitas yang disediakan belum memadai dan harga tarifnya cukup mahal.

Oleh karena itu pemerintah membuat Kartu Indonesia Sehat (KIS), kartu ini akan dibagikan kepada masyarakat kurang mampu yang memerlukan bantuan.

Kartu ini hampir sama dengan kartu BPJS, hanya saja kartu indonesia sehat ini harus dimiliki oleh masyarakat yang kurang mampu.

Apa itu Kartu Indonesia Online?

Apa itu Kartu Indonesia Online

Kartu Indonesia Sehat merupakan salah satu program yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Bantuannya berupa layanan kesehatan gratis berobat ke puskesmas, klinik atau rumah sakit dengan berbagai penyakit yang diderita di seluruh wilayah Indonesia.

Program KIS dirilis sejak tahun 2014 oleh Presiden Jokowi yang menjangkau 19 provinsi di Indonesia. Targetnya adalah untuk melindungi dan melayani seluruh keluarga pra-sejahtera pada tahun 2015.

Simak Juga : Cara Cek Daftar Penerima BSU

Manfaat Kartu Indonesia Sehat

Ada banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan dengan memiliki KIS ini, berikut dibawah ini beberapa manfaatnya.

  • Pendaftaran tanpa biaya apapun alias gratis karena khusus keluarga miskin.
  • Pemegang KIS tak perlu membayar iuran bulanan.
  • Pemegang KIS bisa mendapatkan layanan kesehatan secara gratis di manapun selama berada di wilayah Indonesia.
  • Pemegang KIS akan mendapatkan layanan kesehatan pada klinik, puskesmas, serta rumah sakit rekanan atau JKN tanpa perlu membuat surat rujukan oleh faskes pertama seperti pengguna BPJS.
  • Pelayanan kesehatan pengguna KIS berupa pencegahan maupun pengobatan.

Itulah beberapa manfaat yang dihasilkan ketika kalian memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Perbedaan Kartu Indonesia Sehat dengan Kartu BPJS

Perbedaan Kartu Indonesia Sehat dengan Kartu BPJS

Mungkin banyak yang mengira jika kartu indonesia sehat ini sama dengan kartu BPJS, meski terkesan mirip namun ada perbedaan yang signifikan dari kedua kartu ini.

Manfaat yang Didapat

KIS ini dapat digunakan buat pencegahan dan pengobatan, sedangkan BPJS Kesehatan digunakan ketika pemegang dalam kondisi sakit atau butuh mendapat perawatan.

KIS ini memang sengaja dibuat untuk mencegah dari berbagai penyakit yang diderita, jadi bisa meminimalisir potensi jatuh sakit pada pemegang kartu ini.

Sasaran Pengguna

KIS ini ditujukan kepada masyarakat yang kurang mampu, sedangkan BPJS Kesehatan ditujukan ke semua masyarakat yang mampu membayar iuran tiap bulannya.

Pemegang KIS ini hanya untuk kalangan masyarakat yang kurang mampu saja, berbeda dengan BPJS Kesehatan yang dipegang oleh semua masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu.

Syarat Penggunaan

Biaya KIS masih ditanggung pemerintah jika kategori pemegang kartu ini masih dalam keadaan ekonomi rendah dan kurang mampu.

Lain halnya dengan BPJS Kesehatan, yang bisa digunakan jika pemegang kartu rutin membayar biaya tiap bulannya.

Meski begitu, manfaat yang didapatkan oleh pemegang KIS maupun BPJS Kesehatan hampir sama bahkan lebih diistimewakan.

Jangkauan Fasilitas

Penggunaan KIS bisa memakai difasilitas mana saja, sedangkan BPJS Kesehatan hanya pada fasilitas kesehatan yang sudah didaftarkan atau telah bekerja sama dengan pihak BPJS saja

Jangkauan penggunaan KIS juga sangat luas dibanding dengan penggunaan kartu BPJS Kesehatan, jadi untuk kalian yang telah memegang KIS bisa menggunakan diseluruh wilayah Indonesia.

Simak Juga : Cara Daftar UMKM

Syarat dan Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat

Sebelum kalian bisa mendapatkan kartu indonesia sehat ini, kalian harus memenuhi syarat untuk bisa didaftarkan agar mendapatkan KIS.

Syarat Daftar Kartu Indonesia Sehat

  • Keluarga bukan pekerja penerima upah (PBPU).
  • Seluruh anggota keluarga wajib didaftarkan sesuai data di Kartu Keluarga.
  • Dapat mendaftar di Kantor BPJS terdekat.
  • Dokumen yang dibawa berupa KTP, Kartu Keluarga, Surat keterangan domisili dan pas foto berwarna 3×4 masing-masing 1 lembar.
  • Menandatangani surat pernyataan.
  • Anak angkat bisa didaftarkan dengan menyerahkan bukti yang sah dari pengadilan.
  • Pendaftaran dapat diwakilkan jika calon peserta tidak bisa melakukan pendaftaran sendiri, perwakilan harus dibekali surat kuasa bermaterai.

Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat

Kartu ini hanya untuk kalangan masyarakat yang memiliki kategori ekonomi rendah dan kurang mampu saja, jadi tidak semua masyarakat bisa mendaftar KIS ini.

Jika kalian termasuk kedalam kategori yang ditetapkan, bisa kalian siapkan berkas yang mesti disiapkan untuk bisa mendaftar KIS dibawah ini.

  • Kartu Keluarga dan KTP anggota keluarga yang ingin mendapatkan kartu KIS.
  • Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW dan kelurahan setempat.
  • Surat pengantar dari puskesmas.

Calon penerima KIS tidak perlu memiliki rekening bank, karena semua biaya akan ditanggung oleh pemerintah.

Cara Cek Kartu Indonesia Sehat Online

Cara Cek Kartu Indonesia Sehat Online

Di era teknologi saat ini semua serba online dan bisa membuat semua pekerjaan menjadi lebih ringan dan mudah dikerjakan.

Khususnya cara mengecek kartu indonesia sehat, kalian tak perlu lagi mengunjungi kantor kesehatan terdekat karena dengan adanya keringanan digital ini, kalian bisa mengecek KIS melalui handphone saja.

Ada beberapa cara agar kalian bisa mengecek status keaktifan kartu secara online, berikut dibawah ini cara cek KIS.

Cek Melalui SMS

Ketik: >NOKA(spasi)Nomor Kartu BPJS Kesehatan

>NIP(spasi)Nomor Induk Pegawai

>NIK(spasi)Nomor Induk Kependudukan

Kirim format tersebut ke nomor 08777-5500-400.

Cek Melalui BPJS Online

  • Buka laman website “www.bpjs-kesehatan.go.id” yang merupakan situs resmi BPJS Kesehatan.
  • Pilih tautan BPJS Checking.
  • Masukan nomor kartu dan tanggal lahir lalu tekan tombol cek.

Cek Melalui Care Center BPJS

  • Hubungi pihak Care Center BPJS pada nomor 1500-400.
  • Ikuti arahan untuk melakukan pengecekan.

Cek Melalui Aplikasi Mobile JKN

  • Download terlebih dahulu aplikasi Mobile JKN pada Playstore untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS.
  • Masuk ke dalam menu akun dengan menginput nomor KIS.
  • Kalian akan dapat mengakses informasi dan status KIS langsung dari halaman profil.

Cek Langsung ke Fasilitas Kesehatan Sekitar

Bila kalian gagal atau tidak bisa mengecek ststus KIS melalui cara online, bisa juga kalian mengecek status KIS dengan mendatangi langsung fasilitas kesehatan tingkat pertama sekitar.

Namun cara ini kurang efektif, karena kalian akan mengambil nomor antrean dan menunggu dipanggil oleh petugas untuk memberikan KIS yang akan dicek statusnya.

Cara Menggunakan Kartu Indonesia Sehat

Setelah pengecekan status KIS masih aktif, KIS siap untuk digunakan kembali. Berikut dibawah ini cara penggunaan KIS.

  • Pasien dapat mengunjungi puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat untuk melakukan pemeriksaan awal dengan membawa KIS yang asli dan KTP.
  • Jika penyakit yang diderita oleh pasien tidak bisa ditangani Faskes I, Puskesmas akan memberikan surat rujukan untuk diajukan ke rumah sakit daerah selaku pelayanan kesehatan lanjutan.
  • Langkah-langkah tersebut tidak berlaku bagi pasien dalam kondisi gawat darurat yang dapat langsung mendapatkan penanganan di tingkat pelayanan kesehatan lanjutan, yaitu rumah sakit.

Simak Juga : Cara Daftar Kartu Prakerja

Akhir Kata

Mungkin hanya itu saja ulasan mengenai Cara Daftar Kartu Indonesia Sehat Online, KIS ini sangat membantu bagi masyarakat yang kurang mampu untuk berobat.

Sekian pembahasan kami kali ini, semoga dengan adanya ulasan diatas dapat membuat kalian khususnya masyarakat kurang mampu bisa mendapatkan KIS. Sampai jumpa dipembahasan kami selanjutnya, Terima kasih.