Cara Cek Sertifikat Vaksin

Cara Cek Sertifikat Vaksin – Sebelum masuk kepembahasaan tentang bagaimana cara cek Setifikat Vaksin. Mari kalian baca dulu tata cara untuk mendapatkan nya.

Seiring berjalan nya waktu, pada akhir tahun 2019 lalu, sebuah virus yang datang berasal dari salah satu kota diNegara Cina, yaitu Wuhan. datang menggemparkan wilayah dinegara Indonesia.

Tak Hanya menyerang negara di Indonesia, tetapi juga menyerang seluruh dunia. sehingga menyebabkan lebih dari 178 kasus yang dikonfirmasi dan 3,9 juta kematian. sehingga Dunia menyebutnya dengan nama Corona Virus Diseases 19 atau disingkat Covid 19.

Virus ini mudah sekali menyebar, bagaimana bisa menyebar? bahkan virus itu bisa saja menempel di tempat dekat pasien corona.

Menurut simpang siur yang ada, sumber kemunculan virus ini mulai dari makanan hingga hewan hewan unggas. Hal itu juga belum ada informasi yang jelas mengenai virus ini.

Dalam hal untuk mengurangi banyak nya masyarakat yang terkena virus ini, maka pemerintah Indonesia mengadakan kegiatan suntik antigen kedalam tubuh yang biasa disebut dengan Vaksin.

Pada tanggal 29 September 2021 kemarin, Satgas Covid 19 mencatatkan sebanyak 89.92 juta warga sipil telah mendapatkan suntik vaksin yangt dosis pertama.

Setelah kalian melaksanakan suntik vaksin, kalian bisa langsung mendapatkan sertifikasi Vaksinasi dosis yang petama.

Kegiatan Vaksinasi ini merupakan kegiatan yang biasa nya dilakukan oleh setiap anak diatas umur 17 tahun.

Atau bahkan kegiatan ini bisa loh dilakukan oleh anak-anak berumur 12 tahun yang bersekolah dasar atau menengah.

Vaksinasi ini bisa dibilang sebuah kegiatan yang harus kalian lakukan karena merupakan salah satu program yang diadakan oleh pemerintah dalam hal memotong penyebaran Covid19.

Berikut tata cara kalian untuk mendapatkan sertifikasi Vaksinasi Covid 19 dosis pertama tanpa harus menginstal aplikasi peduli lindungi. sebelum itu pastikan daya kapasitas anda mencukupi untuk menginstalnya.

Pengecekan sertifikat vaksin bisa dilakukan dengan menginstall Peduli Lindungi di ponsel masing-maisng. Aplikasi telah tersedia secara gratis baik di Play Store dan App Store.

Cara menginstalnya pun sangat alternatif bagi para orang tua yang tidak bisa menggunakan atau memiliki smartphone.

Pada hal ini, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menunjukan sertifikat vaksin Covid 19 guna melakukan kegiatan di sekitar.

maksudnya, sertifikasi Covid 19 semakin berfungsi sangat penting ditengah pandemi yang sudah tidak berujung dan mengerikan.

Fungsi serifikat Covid 19 antara lain untuk berpergian kefasilitas umum seperti ke Mall, kebun binatang, naik kapal laut, dan kepantai.

Jumlah para penerima Vaksin Covid 19 semakin hari semakin banyak. terakhir pada tanggal 29 Setember 2021, penerima dosis pertama sujumlah 89.822.987 dari sebelumnya.

Sedangkan penerima vaksin Covid 19 yang kedua sebanyak 50.412.993 orang bertambah menjadi 757.257 orang.

Setelah itu para penerima pada vaksin dosis yang ketiga, para petugas sebanyak 924.828 orang bertambah menjadi 7.283 orang sehari sebelumnya.

Habis disuntik vaksin Covid 19, biasanya para peserta akan langsung mendapat sertifikat vaksinasi dari petugas.

Tetapi, sertifikat Covid 19 sering mengalami terkendala, akhirnya sertifikat Covid baru bisa mendownload setelah 2 – 3 hari.

Jika kalian masih bingung bagaimana cara menginstal cek sertifikasi Vaksin. kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang telah kami buat:

Cara Cek Sertifikat Vaksinasi Melalui Web PeduliLindungi

Cek Sertifikat Vaksinasi Melalui Web PeduliLindungi

Cara yang pertama dalam mengetahui bagaimana mengecek sertifikasi vaksinasi ialah dengan melalui Web PeduliLindungi.

Jika kalian belum mengetahui nya, maka kalian boleh mengikuti tata cara yang telah kami buat untuk disimak sebagai berikut:

  • Kalian langsung buka website PeduliLindungi,id
  • Abis itu kalian klik “Login” atau jika kalian sudah memilikinya, kalian membuat akun dengan meng klik “register” yang terdapat disebelah kanan pojok atas.
  • Kemudian kalian langsung mengisi data-data yang diperlukan dan yang tersedia seperti NIK, Nama lengkap, dan nomor Handphone.
  • Jika kalian sudah memiliki akun, kalian langsung saja me klik “Login” dengan menggunakan nomor Hanphone yang sudah diisi tadi.
  • Setelah itu kalian kan dikrimkan OTP melaui SMS dan kalian masukan kode OTP kedalam kolom yang tersedia.
  • Abis itu kalian akan masuk kedalam akun yang telah kalian buat tadi, dan kalian langsung memilih menu “Sertifikat Vaksin”.
  • Nanti Sertifikat Vaksin muncul.

Simak Juga : Cara Menonaktifkan WA Sementara

Cara Cek Sertifikat Vaksin Melalui SMS

Cara Cek Sertifikat Vaksin Melalui SMS

Cara yang kedua yang dapat kalian lakukan untuk mengetahui cara mengecek Sertifikat Vaksin adalah dengan melalui SMS.

Biasanya setelah kalian melakukan Vaksin, maka kalian akan mendapatkan SMS dari 1199 kedalam nomor Handphone yang telah kalian daftarkan untuk Vaksin.

SMS yang kalian terima menandakan bahwa kalian telah melakukan Vaksinasi, jika kalian baru mendapat dosis yang pertama, maka SMS tersebut memberi tahu jadwal Vaksin berikutnya.

Jadwal tersebut juga memberikan lokasi Vaksinasi yang kedua. Tak hanya itu SMS tersebut memberikan Link Sertifikat yang dapat kalian buka di Handphone.

Setelah Kalian tersebut, maka muncul Setifikat kalian yang terdiri dari Nama, NIK,ID Alamat dan tempat dimana kalian melakukan Vaksinasi.

Download Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Download Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Sudah kami katakan, kalian pasti ribet untuk menggunakan Aplikasi PeduliLindungi karena ribet memakai website.

Berikut langkah – langkah yang dapat kalian ikuti mengenai Download Melalui Aplikasi PeduliLindungi sebagai berikut:

  • Buka aplikasi “PeduliLindungi” di HandPhone kalian.
  • Abis itu kalian klik “Login” ke akun kalian menggunakan nomor Telpon yang telah kalian daftar tadi.
  • Lalu kalian klik “menu Sertifikat” dan masukan nomor “NIK”.
  • setelah itu kalian klik “Menu”.
  • Terakhir, kalian tunggu sampai proses selesai, dan sertifikat pun telah terunduh.

Download Melalui SMS

Setelah kalian menerima SMS tersebut, kalian dapat langsung mendownload Sertifikat pada Link yang ada.

Kalian juga bisa mendownload pada Browser yang ada didalam Handphone kalian, jika kalian masih bingung kalian bisa saja mengikuti langkah – langkah yang telah kami buats sebagai berikut:

  • Kalian langsung membuka SMS tersebut, lalu kalian klik “Link” yang tersedia.
  • Seandainya kalian menggunakan Aplikasi Chrome, kalian bisa klik “Titik Tiga” yang ada di pojok kanan atas.
  • Lalu kalian klik ikon “Tanda panah kebawah” dan nanti sertifikat langsung terunduh, atau kalian bisa menggunakan Screenshot untuk menyimpan sertifikasi dalam bentuk jpg.

Simak Juga : Cara Cek Bantuan UMKM

Akhir Kata

Demikianlah informasi dari kami Tentang Cara Cek Sertifikat Vaksinasi. semoga dangan informasi yang telah kami berikan dapat bermanfaat dan mudah dipahami. Sekian Terima kasih.