Cara Cek Bantuan UMKM

Cara Cek Bantuan UMKM – Di saat seperti ini banyak masyarakat Indonesia krisis dengan pekerjaan.

Pada Agustus 2021 angka pengangguran di Indonesia mencapai 7,15 hingga 7,35 persen dan akan bertambah jika kondisi perekonomian tidak berubah.

Apalagi di masa pandemi saat ini, banyak karyawan perusahaan yang di berhentikan kerja karena untuk meminimalisir beredarnya virus Covid 19.

Telah banyak masyarakat yang mengalami kehidupan seperti ini sehingga pemerintah mengeluarkan bantuan UMKM untuk membantu warga yang memerlukan.

UMKM sendiri berarti sebagai bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga atau badan usaha ukuran kecil.

Untuk kalian yang ingin mengenal lebih dalam lagi mengenai UMKM dan ingin tau cara mengecek bantuan UMKM, bisa kalian simak ulasan dibawah ini.

Tentang UMKM

Tentang Cara Cek Bantuan UMKM

Telah dibahas diatas tadi bahwa UMKM sendiri berarti sebagai bisnis yang dijalankan individu, rumah tangga atau badan usaha ukuran kecil.

Penjelasan lebih detailnya lagi mengenai pengertian UMKM adalah pengelolaan usaha perdagangan oleh badan usaha atau perorangan yang merujuk pada usaha ekonomi produktif sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh Undang-Undang No 20 tahun 2008.

Dalam penerimaan bantuan UMKM, hanyalah bagi warga yang telah terdaftar penerima BPUM atau BLT UMKM, nantinya akan mendapatkan bantuan Rp 1,2 juta dari Kemenkop UKM.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi berkembangnya UMKM di Indonesia, khusunya dengan berkembangnya zaman teknologi yang memudahkan semua pekerjaan.

Untuk kalian yang masih bingung dengan pembagian bantuan UMKM dari pemerintah, bisa kalian simak penjelasan yang telah kami berikan dibawah ini.

Simak Juga : Cara Daftar Kartu Prakerja

Syarat dan Kriteria Dapat BLT UMKM

Selain terdaftarnya dipenerimaan BPUM atau BLT UMKM, warga juga harus memenuhi syarat dan kriteria agar dapat bantuan UMKM dari pemerintah.

Adapun dibawah ini syarat dan kriteria yang ditetapkan oleh Kemenkop UKM yang harus kalian penuhi agar bisa mendapatkan bantuan UMKM.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki KTP dan KK.
  • Mempunyai usaha mikro atau UMKM.
  • Memiliki NIB atau SKU.
  • Tidak sedang mendapatkan KUR atau kredit perbankan. 
  • Bukan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti anggota TNI/Polri, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan karyawan BUMN/BUMD.

Cara Mengecek Bantuan BLT UMKM Melalui Bank BRI dan BNI

Cek Bantuan UMKM Melalui BRI dan BNI

Bagi kalian yang ingin mengecek bantuan BLT UMKM melalui BRI maupun BNI, bisa kalian simak ulasan dibawah ini.

Cara Mengecek Bantuan BLT UMKM di BRI

Berikut dibawah ini langkah-langkah yang bisa kalian ikuti agar bisa mengecek bantuan BLT UMKM melelui BRI.

  1. Buka laman “eform.bri.co.id” di browser atau chrome kalian.
  2. Masukkan NIK.
  3. Masukkan kode pengungkit yang tertera di layar.
  4. Klik “Proses lubang”.
  5. Akan muncul pemberitahuan yang tercatat atau tidak sebagai penerima BPUM 2021.

Untuk kalian yang telah terdaftar sebagai penerima bisa mencairkan BLT UMKM dengan mendatangi kantor cabang bank BRI terdekat dan membawa beberapa dokumen dibawah ini.

  1. Buku tabungan.
  2. Kartu ATM dan identitas diri.
  3. Surat pernyataan.
  4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan kuasa penerimaan dana Banpres.

Itulah langkah-langkah cara mengecek dan membawa beberapa dokumen untuk mencairkan melalui bank BRI jika telah terdaftar sebagai penerima bantuan BLT UMKM.

Simak Juga : Cara Daftar Shopee Paylater

Cara Mengecek Bantuan BLT UMKM di BNI

Selain melalui BRI, kalian juga bisa mengecek bantuan BLT UMKM di BNI. Berikut dibawah ini langkah-langkah yang bisa kalian ikuti.

  1. Buka “banpresbpum.id” dilaman browser atau chrome kalian.
  2. Masukkan (NIK) Nomor Induk Kependudukan
  3. Tekan opsi Cari
  4. Maka akan muncul notifikasi tercatat atau tidak nya kalian sebagai penerima BPUM 2021.

Bagi kalian yang telah terdaftar sebagai penerima bantuan BLT UMKM, bisa mendatangi kantor cabang BNI untuk mencairkan.

Adapun berkas yang bisa kalian bawa saat ke kantor cabang BNI yaitu e-KTP, kartu ATM dan buku tabungan serta menyampaikan SPTJM (surat pernyataan tanggung jawab mutlak).

Faktor Perkembangan UMKM di Indonesia

Perkembangan UMKM di Indonesia

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM di Indonesia adalah sebagai berikut.

Menurunnya Tarif PPH Final

Dengan menurunannya tarif PPH, akan berdampak baik dengan mempermudah pebisnis UMKM menjalankan kewajiban perpajakan pada negara.

Dengan menurunnya tarif PPH Final yang harus disetorkan UMKM, dapat memberikan pebisnis kesempatan untuk melakukan investasi dan mencoba membuat usaha yang dikelola berkembang dengan adanya keringanan ini.

Dengan begitu banyak pebisnis memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baik mungkin agar usaha yang dijalankan bisa berkembang lebih pesat.

Pemanfaatan Sarana Teknologi, Informasi dan Komunikasi

Di zaman sekarang semua serba teknologi, sehingga dapat memudahkan semua pekerjaan khususnya bagi pebisnis yang memiliki usaha.

Dengan teknlogi yang sudah berkembang membuat pebisinis dapat memasarkan produk yang dijual melalui aplikasi whatsapp, facebook dan teknologi lainnya.

Salah satu sumber berita yang telah beredar mengatakan bahwa pada tahun 2017, Kemenkop RI melaporkan bila sudah ada sekitar 8 juta yang sudah beralih ke Go-Digital.

Peminjaman Modal Usaha yang Mudah

Untuk mendorong pertumbuhan UMKM artinya diperlukan keterbukaan akses pembiayaan dari perbankan dan alokasi kredit khusus untuk UMKM.

Hingga saat ini perkembangan UMKM di Indonesia masih tidak bisa lepas dari dukungan perbankan di Tanah Air, sehingga pebisnis dapat mudah meminjam untuk modal usaha.

Simak Juga : Cara Melacak No HP

Akhir Kata

Mungkin sampai sini saja pembahasan kami yang membahas mengenai cara cek bantuan UMKM dan faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM itu sendiri.

Sekian pembahasan kami kali ini semoga dengan adanya artikel ini membuat kalian bisa mengecek bantuan UMKM dari pemerintah. Sampai jumpa dipembahasan kami selanjutnya, Terima kasih.